oleh

Tak Hanya Denda, Gubernur Sumsel Juga Hapuskan Pokok Pajak Kendaraan

-Ekonomi, dibaca 2703 x

LAJU SUMSEL, BATURAJA -- Setelah memperpanjang program pemutihan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor hingga 30 Oktober 2020, kali ini Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru kembali menambah kebijakan dengan memberikan keringanan pokok Pajak Kendaraan Bermotor.

Kepala UPTB Samsat OKU 1 Baturaja Humaniora Basilibasmark (Belly) membenarkan perihal kebijakan Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang memberikan keringanan Pokok Pajak Kendaraan bermotor. 
 
“Ya, ada kebijakan baru Pak Gubernur berupa Stimulan untuk masyarakat dengan memberikan keringanan pada Pokok Pajak Kendaraan Bermotor,” kata Belly kepada awak media, Rabu (30/9/2020).
 
Dikatakan Belly, kebijakan ini sesuai dengan peraturan gubernur sumsel nomor 44 tahun 2020 tertanggal 30 September 2020 yakni perubahan atas peraturan gubernur nomor 30 tahun 2020 tentang penghapusan denda administrasi pajak kendaraan bermotor dan pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor.
 
Dijelaskan Belly, kebijakan gubernur ini apabila wajib pajak menunggak pajak kendaraan bermotor lebih dari satu tahun. Maka wajib pajak tersebut cukup membayar Pokok kendaraan selama satu tahun ditambah pokok pajak kendaraan tahun berjalan.
 
“Jadi tidak hanya denda yang diputihkan tapi termasuk pokok pajaknya. Contoh misalnya ada wajib pajak yang menunggak 5 tahun PKB, nah ini dihapuskan, nanti wajib pajaknya cukup bayar pokok pajak 1 tahun ditambah pokok pajak tahun berjalan,” jelasnya.
 
Dikatakan Belly Kebijakan Gubernur ini merupakan stimulan kepada masyarakat yang terdampak covid 19, selain itu hal ini dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. 
 
“Diharapkan perpanjangan dan ditambahnya kebijakan ini dapat meringankan beban masyarakat ditengan pandemic ini,” harapnya.
 
Kepada masyarakat Belly menghimbau agar memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya.
 
“Silahkan manfaatkan program ini sebaik-baiknya dengan mendatangi kantor samsat, namun kita himbau tetap mematuhi protokol kesehatan,” pesannya. (Puri Sumsel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments