oleh

Feby Deru Wujudkan Desa Talang Kepuh di Kecamatan Gandus Jadi Destinasi Wisata

-Sumsel Maju, dibaca 241 x

LAJU SUMSELPALEMBANG - Komitmen Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru guna mewujudkan desa Talang Kepuh Kecamatan Gandus sebagai destinasi wisata baru di kota Palembang tak main-main. 10 program pokok PKK benar-benar dicanangkan di desa itu.

Mulai dari penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.
 
Feby Deru mengungkapkan pembinaan desa Talang Kepuh sebagai desa percontohan 10 program pokok PKK dan menjadi destinasi wisata baru di kota Palembang telah berlangsung selama satu tahun terakhir.
 
"PKK Sumsel terus melakukan pembinaan di desa ini. Bukan tanpa sebab kami melakukannya. Selama ini masyarakat kurang mengenal Talang Kepuh. Oleh karenanya agar lebih dikenal khalayak desa ini dibina untuk pelaksanaan 10 program pokok PKK yang pada akhirnya nanti desa ini bisa menjadi destinasi wisata baru di kota Palembang. Ada sesuatu yang kita tawarkan kepada masyarakat," kata Feby saat musyawarah bersama warga desa Talang Kepuh, Selasa (20/10/2020) sore.
 
 
Upaya lain untuk menjadikan desa Talang Kepuh menjadi destinasi wisata baru tersebut, dilanjutkan Feby dengan mengembangkan desa Talang Kepuh sebagai sentra industri tanaman anggrek. Selain merupakan perwujudan kelestarian lingkungan, sekaligus juga penerapan UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga).
 
"Jadi ketika masyarakat berkunjung ke desa ini, ada sesuatu yang mereka cari (tujuan). Misalnya mendapatkan tanaman anggrek tadi. Jika ingin mencari tanaman anggrek bisa dengan mudah mereka peroleh di sini," terangnya.
 
Tak hanya tanaman anggrek saja, produk unggulan yang juga berasal dari desa Talang Kepuh adalah pindang patin kaleng Talang Kepuh yang dijual dengan merk dagang pindang tangkep.
 
"Di kesempatan ini juga PKK Sumsel menyerahkan bantuan 200 pot anggrek untuk Karang Taruna. Kemudian juga setelah sebelumnya ada 400 kaleng pindang Tangkep, PKK Sumsel bersama Balitbangda Sumsel memproduksi 1000 kaleng pindang Tangkep yang akan didistribusikan ke mini market," ungkap Feby.
 
Dia berharap dengan pembinaan yang dilakukan PKK Sumsel bisa memantik semangat warga desa Talang Kepuh untuk memajukan kawasan tempat tinggalnya sehingga akan muncul efek lanjutan berupa peningkatan ekonomi warga.
 
Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua II TP PKK Sumsel Ekowati Retnaningsih. Menurutnya 10 pokok program PKK telah dilaksanakan di desa Talang Kepuh dengan pembinaan oleh PKK Sumsel.
 
"Untuk program pendidikan kita sudah dirikan PAUD di sini meskipun gedung belajarnya belum permanen yang nantinya segera kita bantu. Untuk bidang UP2K juga sudah ada dengan pembibitan tanaman anggrek dan kerajinan purun. Demikian halnya dengan koperasi juga ada di desa ini," ujarnya.
 
Adapun Mukmin (40), warga desa Talang Kepuh mengatakan ia merasa antusias dan bersemangat atas pembinaan yang dilakukan PKK Sumsel di desanya. Mukmin bahkan mengusulkan agar PKK Sumsel mengadakan pelatihan pembuatan kompos.
 
"Di sini cukup banyak warga yang memelihara sapi. Alangkah baiknya jika PKK Sumsel mengadakan pelatihan pengolahan kotoran hewan menjadi biogas atau pupuk kompos untuk pemupukan tanaman dan sayuran," harapnya. (red)
 
Editor: Karni
Sertifikat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments