oleh

Ketum DPP Perhiptani Irsan Noor Anugrahi Herman Deru Pin Emas

-Sumsel Maju, dibaca 217 x

LAJU SUMSELOKU TIMUR -- Inisiasi Gubernur Sumsel, H. Herman Deru mengangkat ribuan tenaga penyuluh Pertanian mendapat apresiasi dari Ketua Umum DPP Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), H. Isran Noor.

"Luar biasa ini pertama pengangkatan tenaga penyuluh pertanian, saya salut kepada Pak Gubernur yang merekrut itu lebih kurang ada 1.500 orang yang dibiayai oleh APBD Sumsel," ucap Irsan Noor yang juga merupakan Gubernur Kalimantan Timur saat melantik Pengurus DPW Perhiptani Provinsi Sumsel bertempat di BLPPP Sumsel Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten OKU Timur, Senin (4/10).
 
Irsan menilai Herman Deru sosok yang tepat untuk menggantikan dirinya menjadi Ketua Umum DPD Perhiptani Indonesia, karena dia melihat semangat Herman Deru yang sangat serius dalam mendorong majunya sektor pertanian di Sumsel. Karena itu DPP Perhiptani memberikan penghargaan berupa Pin Emas untuk Gubernur Herman Deru.
 
"Saya sudah dua kali menjadi Ketua Perhiptani Nasional kalau beliau bersedia menggantikan saya menjadi Ketua Perhiptani Nasional cocoklah," katanya.
 
Menurutnya Perhiptani adalah sebuah wadah atau organisasi perhimpunan yang profesi dibidang penyuluh pertanian yang tujuannya adalah untuk meningkatkan produksi pertanian, memperbaiki perekonomian pertanian dan meningkatkan ekspor dari komoditi pertanian.
 
"Tugas pokok dari pada penyuluh pertanian itu adalah untuk merubah pola pikir para petani dengan cara mengadopsi pemanfaatn teknologi agar lebih efisien dalam proses produksi pertnaian. Artinya mereka memberikan ilmu kepada para petani," ungkapnya.
 
Dia juga menyebut sampai kapanpun  sektor pertanian tetap akan dibutuhkan oleh bangsa ini dan seluruh umat manusia.
 
"Jadi kita jangan merasa minder menjadi petani, apalagi sebagai tenaga penyuluh pertanian jangan minder, sebab kita punya peran besar menjaga pangan Indonesia," ungkapnya.
 
Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru bersyukur Sumsel ini diberkati lahan yang begitu subur. Ini lanjut dia  merupakan anugerah, namun tanpa ada pengelolaan yang baik maka anugerah itu akan sia-sia juga, oleh karena itu Sumsel mengangkat tenaga penyuluh pertanian. 
 
Adapun buah dari diangkatnya tenaga penyuluh pertanian tahun lalu, Sumsel menjadi peringkat ke empat sebagai Provinsi peningkatan produksi pangan nasional. Setelah sebelumnya ada di posisi kelima nasional.
 
"Baru satu tahun pengangkatan tenaga penyuluh pertanian di Sumsel ini sudah melihat buktinya karena terjadi menjadi peringkat empat nasional," ucapnya.
 
Dengan begitu Herman Deru sangat meyakinkan jika ditambah tenaga penyuluh pertanian ini sangat memungkinkan produksi pangan Sumsel akan meningkat lagi.
 
"Kita akan menjadi daerah penghasil pangan bukan saja karena SDA saja.  Tapi karena SDM yang kita miliki punya andil besar dalam meningkatkan  produksi," terangnya.
 
Herman Deru juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan berupa Pin Emas yang diberikan Ketua DPP Perhiptani.
 
"Selamat kepada pengurus Perhiptani Sumsel yang dilantik semoga kita tetap istiqomah dalam tekad kita jadikan Sumsel lumbung pangan nasional," tutupnya.
 
Di sis lain, Bupati Kabupaten OKU Timur, H. Lanosin mengatakan  pertanian merupakan jantungnya ekonomi. Pertanian tidak akan berhasil apabila tidak diiringi niat tulus serta dukungan dan bimbingan Gubernur Sumsel Herman Deru.
 
"Kami ucapkan terima kasih atas bimbingan dan dukungan dari Gubernur Sumsel Kabupaten OKU Timur kini mendapatkan listrik masuk sawah termasuk juga program food estate," ungkapnya.
 
(ril/hum)
 
Sertifikat
HKN
STIa
SKM Unsri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments