oleh

Bincang-Bincang Bersama BPJS Ketenagakerjaan (B4)

-Sosial , dibaca 526 x

 

Oleh: Bara Verdiansyah, Vivi Indah Purnamasari, dan BEM FKM Unsri

“Webinar hari ini sangat menarik karena lebih terasa seperti sharing session. Mungkin kedepannya model webinar seperti ini terus dikembangkan," ujar Uswa peserta dari Universitas Hassanudin.

LAJU SUMSEL -- Sekat suara 2.0 merupakan kegiatan talkshow bersama pembicara yang berpengalaman di bidangnya dengan tema B4 (Bincang-Bincang Bersama BPJS Ketenagakerjaan). Pada hari Sabtu, 09 Oktober 2021, telah dilaksanakan Webinar Nasional BEM KM Fakultas Kesehatan Masyarakat dan OSHA (Occupational Health and Safety Association) UNSRI bersama BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel. Mengingat belum diperbolehkannya melaksanakan kegiatan secara offline, webinar Sekat Suara 2.0 dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting. Topik bahasan di dalamnya adalah untuk mengetahui informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan dan manfaat dari adanya BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan di dunia kerja. 
 
Acara webinar ini dihadiri oleh ketua BEM FKM Unsri, Apri Rismawan, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FKM Universitas Sriwijaya, Dr. Nur Alam Fajar,S.Sos.,M.Kes. yang mewakili Dekan FKM Unsri, Dr Misnaniarti, SKM, MKM. Selanjutnya, acara ini juga dihadiri oleh Bapak Surya Rizal selaku Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagsel yang mana beliau juga sekaligus menjadi pembicara di webinar Sekat Suara 2.0 dan yang terakhir acara ini juga dihadiri oleh Alumni FKM Universitas Sriwijaya di antaranya, Ibrahim Syahputra,SKM., Islach Dani Waskito,SKM., dan Nurhidayati,SKM.,MM..yang mana ketiga Alumni FKM Unsri ini akan sharing-sharing terkait dunia kerja mulai dari leadership, upaya dalam meraih prestasi kerja, dan prospek kerja lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat khususnya di BPJS Ketenagakerjaan.
 
Webinar yang diketuai oleh Cantika Dwi Mugi Handayani diikuti oleh hampir 450 peserta dari mahasiswa berbagai daerah yang ada di Indonesia dan juga dihadiri oleh karyawan di BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel. Sangat terlihat sekali antusias dari para peserta dalam mengikuti webinar ini dari awal sampai akhir acara. Tiga jam berlalu dengan cepat dengan pembicara yang informatif dan membagikan pengalaman ke peserta. Pesan dari para pembicara, bagaimana seorang mahasiswa harus mempersiapkan tidak hanya kemampuan akademisi, tetapi juga pengalaman berorganisasi dan mengembangkan bakat seni dan leadership sejak di kampus, karena faktor ini saling bersinergi dan diperlukan dalam dunia kerja nantinya.
 
Ada sesi Icebreaking diantara dua sesi, untuk mengajak partisipasi aktif dari pesearta dipandu oleh Bara Ferdaiansyah dan M Geza Dwi Anugerah. Menariknya, untuk pertanyaan terbaik, serta peserta pemenang quiz, ada hadiah menarik dari BPJS ketenagakerjaan. Banyak juga peserta yang bertanya serta memberikan tanggapannya mengenai BPJS Ketenagakerjaan dan lingkup pekerjaan di BPJS Ketenagakerjaan. 
 
Harapannya dengan diadakan acara  webinar Sekat Suara 2.0 bersama BPJS Ketenagakerjaan ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan BPJS Ketenagakerjaan, khususnya wilayah Sumbagsel dapat berkolaborasi setiap tahunnya untuk mengadakan acara webinar nasional, ditambah dengan kegiatan kuliah tamu, pengembangan kurikulum jaminan sosial di mata kuliah di FKM Unsri dan sosialisasi produk-produk jaminan sosial untuk para dosen, mahasiswa dan civitas di lingkungan FKM Unsri. 
 
Kita juga berharap ada pertemuan lanjutan antara Dekan FKM Unsri dan Deputi BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel dalam waktu dekat untuk membicarakan MOU (memorandum of understanding) untuk menjembatain dunia kerja dan dunia kampus.
 
Gambar 1: Deputi BPJS Ketenagakerjaan, Bapak Surya Rizal menyampaikan sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan
 
Gambar 2: Alumni FKM Unsri yang berkarir di BPJS Ketenagakerjaan di Sumbagsel membagikan pengalaman  (Ibrahim, SKM, Nur Hidayati, SKM, MM, Islach Dani W, SKM, Tiara Putri Utami, SKM, Bael Noprido, SKM)
 
Laporan: Bara Verdiansyah, Vivi Indah Purnamasari, FKM Unsri dan Karni
 
 
Sertifikat
HKN
STIa
SKM Unsri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments